Lll
View more presentations from Celbibu

Rabu, 21 Desember 2011

RPP Speaking II


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VII/I
Alokasi Waktu             : 1 x 45 menit
Jenis Teks                    : Descriptive Text
Tema                           : Describing People
Aspek/Skill                  : Speaking

Standar Kompetensi:
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat terutama dalam perkenalan diri/orang lain, sapaan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.

Kompetensi Dasar:
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima.

Indikator:
§                                       Mengerti tentang pengertian dan pembuatan teks deskriptif.
§                                       Mendeskripsikan orang lain yang ada disekitarnya.
§                                       Membuat dialog dari tema yang sudah diberikan.
§                                       Membuat cerita dalam bentuk deskriptif.
§                                       Menggunakan lebih banyak kosa kata dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
§                                    Mengerti tentang pengertian dan pembuatan teks deskriptif.
§                                    Mendeskripsikan orang lain yang ada disekitarnya.
§                                    Membuat dialog dari tema yang sudah diberikan.
§                                    Membuat cerita dalam bentuk deskriptif.
§                                    Menggunakan lebih banyak kosa kata dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Pembelajaran:
Potongan gambar dan gambar-gambar yang berhubungan dengan mendeskripsikan seseorang.

The Dogs name is Benjamin. He is golden lambrador. He is beautiful. He has big brown eyes and a long tail. He is very friendly dog, but he is sometimes a little stupid. Dogs are expensive to keep bubt they are fun to play with.

Our cat is named Martha. She is quite young, but she is not a kitten. She is very pretty. She has black and white for and green eyes. She’s smart, too and very clean.

The tortoise’s name is Rocky. He has short, fat legs a long neck, and a very hard shell. HE is also very old and slow. He’s ugly and dirty, but I like him.

Metode Pembelajaran
Three phase technique

Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.       Kegiatan pendahuluan:
Tanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema:
§  Who is your favoriet actrist or actor?
§  Have you ever seen he/she on your television?
§  What does he/she look like?

2.       Kegiatan inti:
§  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru apa yang dimaksud dengan deskriptif teks.
§  Siswa diminta mengambil kertas yang diberikan oleh guru untuk menentukan kelompok.
§  Siswa diminta bergabung dengan kelompok mereka masing-masing.
§  Siswa yang sudah berkelompok diberikan que card yang berisikan gambar seseorang.
§  Siswa diminta untuk membuat dialog yang mendeskripsikan tentang seseorang yang ada didalam que card.
§  Siswa diminta kembali untuk mengambil potongan kertas, yang didalamnya terdapat perintah untuk menampilkan dialognya didepan kelas.
§  Siswa yang mendapatkan perintah tersebut tampil didepan kelas untuk menampilkan penampilan mereka.
§  Siswa yang berkelompok diminta untuk membuat cerita yang didalamnya membahas tentang mendeskripsikan seseorang.
§  Siswa diminta kembali untuk mengambil potongan kertas, yang didalamnya terdapat perintah untuk menampilkan cerita mereka didepan kelas.
§  Siswa yang mendapatkan perintah tersebut tampil didepan kelas untuk menampilkan penampilan mereka.

3.       Kegiatan penutup:
§  Mendiskusikan kesulitan yang ditemui pada saat proses pembelajaran.
§  Menyimpulkan materi pembelajaran.
§  Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
§  Memberikan umpan balik terhadap hasil belajar.

Sumber Belajar:
Handbook

Alat Bantu Belajar:
Potongan gambar
Gambar
Que Card
Flip Chart

Penilaian:
Teknik             : Tes lisan
Bentuk            : Membuat cerita sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Rubrik Penilaian:
Uraian skor:
      Jumlah skor maksimal keseluruhan: 25
Nilai Siswa = skor maksimal    x 4
                                    10

a.       Rubrik Penilaian
Element
Score
Pronunciation
5
Delivery
10
Performance
10

Standard of Pronunciation:                                Standard of Performance:                          
Excellent
5
Very good
4
Good
3
Average
2
Poor
1
Excellent
10
Very good
9
Good
8
Average
7
Poor
≤6
                          

Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,



____________________                                            ____________________
NIP.                                                                            NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar