Lll
View more presentations from Celbibu

Kamis, 15 Desember 2011

RPP Listening


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII/I
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
Jenis Teks                    : Transactional/Interpersonal
Tema                           : Intraductory Chapter and Family Life
Aspek/Skill                  : Listening

Standar Kompetensi:
Memahami makna dalam  teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar:
Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Indikator:
1.      Menentukan keterangan dalam gambar berdasarkan deskripsi bahasa Inggris dalam rekaman.
2.      Mencocokkan gambar dan keterangan yang sesuai.
3.      Melengkapi paragraf rumpang berdasarkan keterangan dalam rekaman.
4.      Mengidentifikasi dan melengkapi kalimat dalam Simple Present Tense.

Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1.      Menentukan keterangan dalam gambar berdasarkan deskripsi bahasa Inggris dalam rekaman.
2.      Mencocokkan gambar dan keterangan yang sesuai.
3.      Melengkapi paragraf rumpang berdasarkan keterangan dalam rekaman.
4.      Mengidentifikasi dan melengkapi kalimat dalam Simple Present Tense.


Materi Pembelajaran:
1.      Developing Oral Skills
Rekaman dan gambar penjelasan kegiatan sehari-hari
2.      Communication Practice
Rekaman dan gambar tentang hubungan kekerabatan
3.      Grammar Practice
Penjelasan dan latihan

Metode Pembelajaran:
Three-phases technique

Langkah Kegiatan pembelajaran:
1.      Kegiatan pendahuluan:
Tanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema, seperti:
a)      Tanya jawab mengenai kegiatan sehari-hari siswa.
b)      Tanya jawab mengenai keluarga dan kerabat siswa.

2.      Kegiatan inti:
a)    Siswa diminta untuk mendengarkan dan memahami rekaman penjelasan kegiatan sehari-hari dengan dibantu gambar.
b)      Siswa diminta untuk menuliskan waktu dan jenis kegiatan pada titik-titik di bawah gambar.
c)   Siswa diminta untuk mendengarkan dan memahami rekaman penjelasan tentang hubungan kekerabatan berdasarkan gambar.
d)   Siswa diminta untuk menunjuk satu persatu tokoh yang sedang berbicara dengan memperhatikan gambar dan mendengarkan isi pembicaraannya.
e)      Siswa secara bersama membahas kosakata yang ada dalam rekaman-rekaman dan teks tersebut.
f)       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang penggunaan Simple Present Tense.

3.      Kegiatan penutup:
a)      Mendiskusikan kesulitan yang ditemui pada saat proses pembelajaran.
b)      Menyimpulkan materi pembelajaran.
c)    Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
d)     Memberikan umpan balik terhadap hasil belajar.

Sumber Belajar:
a)      Buku teks yang relevan
b)      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan

Alat Bantu Belajar:
Kaset/CD  
Gambar-gambar yang relevan

Penilaian:
Teknik : Tes tertulis
Bentuk : Mendengarkan kaset/CD yang diputar.

Rubrik Penilaian:
Pedoman Penilaian:

1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal  x 15 = 15   
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =Skor perolehan : Skor Maksimal x 10


Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,



____________________                                            ____________________
NIP.                                                                            NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar